Obat Tradisional Asam Lambung

Cara Membuat Ramuan Obat Tradisional Untuk Asam Lambung Tinggi – Banyak sekali obat asam lambung tinggi yang sangat ampuh berbahan tradisional tanpa harus menggunakan obat-obatan kimia. Sebelum kita melanjutkan pembahasan obat asam lambung alami, alangkah baiknya kita pahami dulu apa itu Asam Lambung.

 

Asam Lambung atau bahasa trend dikalangan masyarakat adalah MAAG. Asam Lambung biasa terjadi karena kelebihan asam lambung, sehingga lama kelamaan dinding lambung tak kuat menahan asam lambung. Menurut para ahli, asupan makanan yang kurang baik seperti makanan yang kadar keasamannya tinggi dapat memicu meningkatnya produksi asam lambung diperut, selain itu pola hidup yang tidak sehat dan tidak teratur seperti sering mengalami stres dan kebiasaan mero#kok juga bisa menyebabkan gangguan asam lambung.
Maag atau asam lambung, umumnya sering terjadi pada golongan darah O. Peradangan terjadi di selaput lendir (mukosa) lambung (gatritis) atau luka mukosa lambung (gastric ulcer) yang istilah tukak lambung (ulcuc pepticum). Lambung dengan keadaan sakit terdapat borok-borok pada mukosa lambung. Borok tersebut terjadi karena tidak seimbangnya sekresi asam lambung-pepsin dan mukus yaitu produk kelenjar pada mukosa lambung yang berperan sebagai benteng di lapisan mukosa lambung karena lambung berada di rongga perut bagian atas agak ke kiri (ulu hati), maka pengidap asam lambung akan mengeluhkan sakit dibagian tersebut (Abdullah, 2008).
Asam lambung/maag disebabkan oleh penyakit lambung dari zat yang dapat menginhibisi sekresi asam lambung. Misalnya zat kimia Histamin dan Anti Inflamasi non steroid. Kerja berat, pikiran tegang, tidak tenang, atau kurang tidur yang menyebabkan kadar asam lambung yang tinggi. Sering terlambat makan, kebiasaan minum obat yang sifatnya asam dengan perut kosong, minum-minuman beralkohol, dan mengisap rook berlebihan. Dan juga infeksi karena bakteri Helicobacter pylory yang menyerang sub mukosa lambung.
Asam lambung dapat disembuhkan bedasarkan berbagai uraian penyebab asam lambung diatas, penyembuhan dengan meneralkan asam lambung, mengurangi produksi asam lambung, mengobati infeksi di selaput lendir lambung, dan mengurangi rasa sakit iritasi selaput lendir atau kekejangan otot dinding lambung. Obatnya adalah dengan antasid, anti-histamin, anti-kolinergik, demulcent (dapat mengurangi iritasi lokal di tukak lambung, dan secara fisik dapat melindungi sel-sel dibawahnya terhadap kontak dengan iritan dari luar). Sedangkan sakit asam lambung karena infeksi bakteri H.Pylory adalah pengobatan dengan antibiotika dengan tentu saja memperbaiki pola makan.
Maag atau asam lambung bukan tanpa gejala/ciri-ciri/ atau tanda-tanda, namun tanda-tanda gejala penyakit asam lambung biasanya akan berasa tidak nyaman, mual, kembung, nafsu makan berkurang, uluhati, Suatu kasus ciri-ciri maag akan terasa menusuk pada bagian belakang dan dimalam hari akan terasa nyeri sempat datang dan pergi misalnya setelah makan sedikit, rasa nyeri hilang tapi sebentar kambuh lagi. Maag juga menyebabkan luka di kerongkongan, diringi panas membakar naik, mulut pahit dan sering bersendawa. dan masih banyak lagi.
RAMUAN obat Asam Lambung serta Cara Meraciknya
  1. Obat Tradisional Asam Lambung (Maag) Dengan Andong (Cordyline fructicosa (Linn.) : Andong dengan rasa manis, hambar, dan sifatnya menyejukkan. Andong dapat menjadi obat herbal dalam menyembuhkan asam lambung karena kandungannya dan banyak digunakan dalam menyejukkan darah, menghentikan pendarahan dan menghilangkan bengkak karena memar (antiswelling). Adapun cara membuat obat herbal asam lambung ini adalah dengan mencuci bersih 15-30 g daun andon kering atua 6-10 akar andong kering. Rebus bahan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan lalu minum ramuan tersebut sekaligus dengan 1 gelas sehari.
  2. Obat Tradisional Asam Lambung (Maag) Dengan Anggrung (Trema Orientalis Bi) : Anggrung dapat menyembuhkan asam lambung atau maag karena kandungan kimia dalam anggrung diantaranya saponin, flavonoid, dan polifenol. Cara memanfaatkan anggrung sebagai pengobatan tradisional asam lambung adalah dengan mencuci bersih 5 kg akar, campur dengan 2 gelas air, lalu rebus. Setelah 25 menit, dinginkan rebusan, lalu saring dan buat menjadi 2 gelas. Minum 2 kali sehari pada waktu pagi dan sore hari masing-masing 1 gelas.
  3. Obat Tradisional Asam Lambung (Maag) Dengan Anting-Anting (Acalypha australis L) : Dengan rasa pahit dan sejuk dapat menyembuhkan meredakan asam lambung dan telah digunakan turun temurun dengan efek antibiotik, antiradang dan menghentikan pendarahan dapat bermanfaat bagi anda dalam pengobatan asam lambung dengan cara lumatkan herba anting-anting segar secukupnya lalu campurkan dengan gula pasir secukupnya dengan menempelkan hasil lumatannya ketempat luka.
  4. Obat Tradisional Asam Lambung (Maag) Dengan Jombang (Taraxacum Mongolicum Hand-Mazz) : Rasa yang manis, pahit dan sifatnya dingin jombang sudah lama diyakini dapat mengobati asam lambung atau maag dan dengan berkembangnya teknologi membuktikan mengapa jombang dapat bertahan dalam pengobatan penyembuhan asam lambung karena kandungan diantaranya glukosa, fruktosa, choline, taraxerol, stigmasterol, B-stisterol, taraxol, taraxasterol dengan dengan efek antibiotik, antiradang, dan penghilang racun. Cara pengobatan asam lambung/maag dengan herbal jombang adalah mencuci bersih 20 g tumbuhan segar jombang, lalu direbus dengan 3 gelas air- tersisa 1 gelas. Saring air rebusan tersebut lalu minum 2x sehari dengan 1/2 gelas masing-masing.
  5. Obat Tradisional Asam Lambung (Maag) Dengan Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza Roxb) : Sifatnya aromatik, tajam dan agak pedas.Dengan kandungan kurkumin, zat tepung, glikosida, karbinol, protein, serat, kalium oksalat, toluil metil, I-sikloisopren myrsen, dengan kandungan temulawak tersebut dapat mengobati asam lambung atau penyakit maag anda dan sebagai obat tradisional pilihan anda dalam menghadapi asam lambung anda ketika tiba-tiba muncul dengan cara merebus 30 gram rimpang temulawak, lalu airnya diminum.
  6. Obat Tradisional Asam Lambung (Maag) Menggunakan Kunyit (Curcuma Longa Lin atau Curcuma domestica Val) : Rasa yang agak pahit, sedikit pedas, bau khas, dan sifat yang sejuk dan tidak beracun menjadi obat khas asam lambung tradisional yang sudah banyak digunakan sebagai pengobatan penyakit asam lambung dan macam-macamnya karena kandungan di antaranya caffed acid dengan efek antiradang (anti-imflamasi), antibakteri, dll. Cara membuat obat tradisional asam lambung/maag adalah dengan merebus 10-25 gram rimpang kunyit, lalu airnya diminum.
  7. Obat Tradisional Asam Lambung (Maag) Menggunakan Nanas : Buah dengna kandungan vitamin A, C, kalsium, magnesium, besi, fosfor, kalium, natrium, besi, enzim bromelain, dekstrosa, sukrosa. Salah satu kandungan buah nanas sehingga dapat mengobati asam lambung/maag adalah Bromelain yang berkhasiat sebagai antiradang, membantu melunakkan makanan di lambung dengan memilih buah nanas yang segar dan telah masak.
  8. Obat Tradisional Asam Lambung (Maag) Menggunakan Sambiloto (Andrographis paniculata) : Sambiloto sebagai obat tradisional asam lambung karena kandungan kalgemin, antrograhit, andrograpolit, garam kalium, garam natrium dan minyak goreng, juga mengandung zat pahit yang berupa hablur kuning. Cara pembuatan obat tradisional asam lambung dengan sambiloto adalah menggunakan sambiloto kering 9-15 gram lalu direbus dan kemudian diminum.
  9. Obat Tradisional Asam Lambung Menggunakan Asam Jawa (Tammarindus Indica L) : Asam jawa dapat mengobati asam lambung dengan pengolahan kulit batang asam jawa yang direbus dengan menggunakan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, lalu disaring dan kemudian diminum.
  10. Obat Tradisional Asam Lambung (Maag) Menggunakan Manggis (Garcinia Mangostana L): Manggis dapat mengobati asam lambung atau maag dengan cara mengolah kulit buah dengan mengeringkannya kemudian diseduh dengan segelas air, lalu disaring dan diminum.
  11. Obat Tradisional Asam Lambung (Maag) Menggunakan Singkong (Manihot utilissima): Singkong dapat menyembuhkan asam lambung/maag dan dapat menjadi obat tradisional dan sekaligus menjadi konsumsi anda setiap hari sebagai pengobatan dan penyembuhan asam lambung/maag dengan cara memparut singkong,kemudian diperas, didiamkan beberapa menit, lalu ambil saripatinya dan kemudian diminum.
  12. Obat Tradisional Asam Lambung (Maag) Menggunakan Kumis Kucing (Orthosiphon Spicatus) : Kumis kucing dapat juga digunakan sebagai obat maag/asam lambung dengan mengolah daun dan batang dengan pertama-tama dicuci, kemudian direbus hingga menjadi 1 gelas, lalu diminum. Selain pengobatan herbal asam lambung, kumis kucing juga bermanfaat dan dapat digunakan sebagai obat herbal dalam penyakit diabetes dan melancarkan air seni.
  13. Obat Tradisional Asam Lambung (Maag) Menggunakan Sirih (Piper Bettle): Sirih dapat bermanfaat juga dalam pengobatan asam lambung/maag dengan mengolah 3-5 lembar daun sirih kemudian dicuci dan direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa segelas air kemudian diminum.
  14. Obat Tradisional Asam Lambung (Maag): Kencur (Kaempferia galanga L.): Tanaman yang dapat digunakan sebagai obat tradsional asam lambung/maag memiliki kandungan asam annisad, alkaloid, gom, asam sinamat, etil ester, borneol, kamphene, asam metil kanis dan penta dekaan. Cara membuat obat asam lambung dengan menggunakan kencur adalah menggunakan 10-25 gram rimpang kencur, diremus dan diminum airnya.
  15. Obat Tradisional Asam Lambung (Maag): Apu-Apu (Pistia stratiostes L): Tanaman dengan sifat herba apu-pu pedas, sifat sejuk, berkhasiat antirematik, antiradang, peluruh keringat (diaforetik), dan peluruh kencing (diuretik) Sedangkan kandungan kimia mengapa memiliki banyak khasiat atau manfaat dan dapat menjadi obat asam lambung karena mengandung flavonoid, tanin dan polifenol. Cara pengolahan apu-apu sebagia obat tradisional asam lambung adalah dengan mencuci daun apu-apu segar 15 lembar, lalu direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih selama 15 menit. Saring, kemudian dinginkan dan minumlah dua kali pagi dan sore. Wanita hamil dilarang untuk mengkonsumsi obat tradisional ini.
  16. Obat Tradisional Asam Lambung (Maag): Ceguk (Quisqualis Indica L): Rasa buah yang manis, hangat, astrigen dan beracun (toksik) dan masuk pada meridiam limpa dan lambung. Kandungan dari ceguk pada buah yang masak adlaah quisqualic aci, succinic acid, trigonelline, pyridine, potassium quisqualate, phytosterol, pentosan, serine, glucosazon, dan mineral K, Na, SO4. Sedangkan bijinya mengnadung 25% minyak lemak dari oleic, miyristic, palmitic, strearic dan linoleic acids;gum dan resin. Jumlah kandungan yang banyak ini dan memang fungsinya berada pada lambung sehingga tanaman ini dapat dijadikan sebagai obat herbal anda dengan cara rebus ceplukan kering 5-10 kg dengan tiga gelas air sampai tersisa hingga satu gelas. Setelah dingin, saring dan minum dua kali sehari pagi dan sore.
  17. Obat Tradisional Asam Lambung (Maag): ADAS (Foeniculum vulgare) : Manfaat atau khasiat dari ADAS adalah memang terkhusus untuk sakit lambung, muntah karena lambung dingin, mual, dan kembung. Cara mengolah ADAS sebagai obat tradisional asam lambung adalah dengan 1-5 gram ADAS kering, lalu rebus dan kemudian airnya diminum.
  18. Obat Tradisional Asam Lambung (Maag): Kapulaga (Amomum Cardamomum) : Tanaman herba yang berkhasiat sebagai radang lambung, muntah-muntah, mual, perutsebah dan kembung ini dapat diolah menjadi obat asam lambung dengan merebus 3-5 buah kapulaga, dinginkan, lalu airnya diminum.
  19. Obat Tradisional Asam Lambung (Maag): Daun Lidah Buaya (Aloe Vera L.) : Lidah buaya sudah banyak mengobati berbagai penyakit dan digunakan sebagai obat herba dan salah satunya adalah obat tradisional asam lambung yang berkhasiat dalam antiradang,dan menguatkan lambung. Cara pembuatan obat tradisional asam lambung/maag dengan menggunakan 10-15 gram kering daun lidah buaya atau 90-100 gram segar daun yang telah dikupas kulitnya, direbus dan kemudian diminum.

Itulah Cara Membuat Obat Tradisional Asam Lambung, Semoga artikel ini bermanfaat dan membatu menyembuhkan penyakit asam lambung yang sedang anda alami. Jangan Lupa share ya…!

Author: 

    Related Posts

    No Response

    Leave a Reply