Penyebab Gata-gatal Pada Vagina

Penyebab Gata-gatal Pada Vagina – Banyak sekali faktor yang mempengaruhi terjadinya gatal-gatal pada alat kelamin wanita, oleh karena itu harus diperiksa ke dokter agar penyebabnya lebih akurat.
Akan tetapi secara umum, penyebab terjadina gatal pada vagina disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya: ( Baca Juga : Cara Merawat Vagina Agar Bersih dan Kencang Seperti Perawan)
  1. Penggunaan bahan kimia: gatal dapat disebabkan iritasi vagina akibat bahan-bahan kimia yang terdapat dalam kondom, krim, sabun, tisu, atau pembalut yang digunakan.
  2. Infeksi jamur/kandidiasis vagina: jamur yang tumbuh berlebihan pada vagina dan vulva. Infeksi ini lebih berisiko terjadi saat wanita sedang hamil, menggunakan antibiotik, aktif berhubungan seksual, dan ketika sistem kekebalan tubuhnya sedang melemah. Selain gatal, jamur akan menyebabkan vagina mengeluarkan cairan putih dan kental.
  3. Vaginosis bakteri: keberadaan bakteri-bakteri sehat pada vagina adalah hal yang normal. Namun bakteri jahat dapat menyebabkan infeksi dan rasa gatal. Selain gatal, umumnya vaginosis bakteri diiringi gejala seperti rasa perih, serta keluarnya cairan dan bau tidak sedap dari vagina.
  4. Penyakit menular seksual (PMS): herpes, klamidia, trikomoniasis, dan gonore.
  5. Menopause: turunnya produksi estrogen di akhir masa reproduksi wanita dapat menyebabkan dinding vagina menipis dan mengering, sehingga menyebabkan iritasi dan gatal. Selain pada lansia, kondisi ini dapat terjadi pada wanita yang sedang menyusui.
  6. Lichen sklerosis: bercak putih pada kulit sekitar kemaluan. Kondisi yang jarang terjadi ini umumnya dialami wanita pascamenopause. Penyakit kulit lain seperti eksim juga dapat menyebabkan gatal.
  7. Infeksi cacing kremi: lebih sering dialami oleh anak perempuan.
  8. Pra-kanker: gatal juga dapat menjadi gejala kulit kemaluan yang mengalami prakanker.
  9. Stres: meski jarang terjadi, namun kondisi emosional yang tidak stabil dapat menyebabkan sistem kekebalan menurun sehingga membuat tubuh lebih berisiko mengalami gatal dan iritasi.
Itulah 9 Faktor penyebab terjadinya gatal di area vagina, selalu jaga kebersihan diri anda terutama di bagian Vagina.

Author: 

    Related Posts

    No Response

    Leave a Reply