Waspada, Infeksi Bakteri Mrs. V Bisa Menyerang Ibu Hamil

Waspada, Infeksi Bakteri Mrs.V Bisa Menyerang Wanita Hamil – Banyak sekali memang rintangan yang dihadapi oleh wanita hamil dan salah satunya adalah infeksi. Kurang lebih 30% Ibu Hamil mengalami infeksi yang diakibatkan oleh bakteri (bahasa medisnya Bakterial vaginosis).
Jangan khawatir dulu, Bakterial Vaginosis tergolong infeksi ringan dan mudah disembuhkan dengan obat. Akan tetapi, seandainya saja kondisi infeksi bakteri ini  pada alat vital wanita dibiarkan begitu saja, maka akan terjadi peningkatan risiko komplikasi kehamilan, serta infeksi menular seksual saat berhubungan badan.
Hasil penelitian menunjukkan keterkaitan antara wanita yang sedang hamil lalu mengidap Bakterial Vaginosis biasanya akan terjadinya ketuban pecah dini, persalinan prematur, berat bayi lahir rendah, keguguran pada trimester kedua kehamilan, serta infeksi rahim setelah melahirkan.
Namun, hubungan antara Bakterial Vaginosis dengan komplikasi kehamilan tersebut masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Para ahli masih belum bisa memastikan apakah Bakterial Vaginosis merupakan penyebab langsung komplikasi seperti ketuban pecah dini, dan apakah bumil yang berisiko tinggi untuk mengalami ketuban pecah dini juga berisiko mengalami Bakterial Vaginosis. Para ahli juga belum dapat menjelaskan mengapa hanya sebagian kecil bumil dengan Bakterial Vaginosis yang melahirkan prematur. (baca juga : Obat Tradisional Alergi)
Cara Mengatasi Bakterial Vaginosis Pada Ibu Hamil
Untuk mengatasi Bakterial Vaginosis pada ibu hamil, dokter akan memberikan obat antibiotik yang tergolong aman untuk digunakan pada masa kehamilan. Penting untuk menghabiskan antibiotik yang diberikan sesuai dengan dosis dan anjuran dokter, meski keluhan sudah hilang atau terasa membaik.
Meski demikian, tetap ada kemungkinan bumil akan kembali mengalami infeksi tersebut. Sebagian bumil mengalami gejala yang sama setelah 3 bulan. Segera konsultasikan kembali pada dokter, jika gejala-gejala Bakterial Vaginosis kembali timbul.
Pencegahan Bakterial Vaginosis Pada Ibu Hamil
  1. Hanya memiliki satu pasangan seks,
  2. Menggunakan kondom bila aktif secara seksual.
  3. Jaga kebersihan organ intim kewanitaan dengan cebok setelah kencing dari arah depan ke belakang
  4. hindari penggunaan sabun khusus kewanitaan yang digunakan ke dalam vagina tanpa anjuran dokter, terutama yang tergolong antiseptik dan mengandung bahan pewangi.
  5. Gunakan celana dalam berbahan katun agar sirkulasi udara baik.

Itulah informasi Kesehatan Ibu Hamil, selalu jaga kesehatan tubuh agar terhindar dari namanya bakteri. Jangan lupa share kembali..!

Author:

No Response